Titik Rawan Kejahatan Yang Jadi Sasaran Patroli Polda Lampung Jelang Pilkada 2024

16/09/2024 17:40:43 WIB 122

Bandar Lampung – Polda Lampung melalui Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) secara intensif melaksanakan patroli hunting untuk mengantisipasi gangguan kamtibmas seperti geng motor, tawuran, dan kejahatan jalanan (street crime), Minggu (15/09/2024) malam.

Patroli tersebut digelar guna memperkuat keamanan dan ketertiban di wilayah hukumnya terutama menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan berlangsung pada November 2024 mendatang.

Sejumlah titik rawan kejahatan di Kota Bandar Lampung yang menjadi sasaran patroli hunting yang dimulai pukul 22.00 WIB s/d selesai tersebut yakni Jalan Ryacudu, Jalan Tirtayasa, dan Jalan Soekarno Hatta.

Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Umi Fadillah Astutik, mengatakan bahwa patroli ini merupakan upaya strategis untuk mencegah terjadinya kerawanan yang dapat mengganggu stabilitas keamanan menjelang Pilkada.

“Selama menggelar patroli, petugas kami berhasil membubarkan kelompok remaja yang masih berkerumun hingga larut malam, serta memberikan imbauan kepada masyarakat agar menjaga ketertiban,” ucap perwira dengan melati tiga dipundaknya.

Menurut Umi, patroli hunting tersebut bertujuan untuk memastikan masyarakat dapat menjalankan aktivitasnya dengan aman, terlebih dalam suasana jelang Pilkada, serta untuk mengantisipasi gangguan dari geng motor dan tawuran yang sering terjadi pada malam hari.

“Patroli yang kami gelar ini, bukan hanya untuk menciptakan situasi yang kondusif, tetapi juga untuk membangun hubungan baik dengan masyarakat melalui pendekatan yang humanis dengan berdialog secara langsung,” paparnya.

Kabid Humas menambahkan, dengan adanya patroli hunting ini diharapkan dapat menekan potensi konflik dan meningkatkan rasa aman masyarakat Lampung dalam menyongsong Pilkada 2024 yang akan datang.

“Untuk itu, peran serta dan dukungan dari masyarakat sangat kami butuhkan dalam menjaga keamanan lingkungan, khususnya menjelang Pilkada, agar proses demokrasi ini dapat berjalan dengan damai dan lancar,” imbuhnya. (*)

Share this post